Minggu, 15 Maret 2015

Definisi Satisfaction (Kepuasan)



Definisi Satisfaction (Kepuasan) Menurut Para Ahli

1.  Tjiptono dan Chandra mendefinisikan kepuasan sebagai upaya pemenuhan sesuatu atau membuat sesuatu memadai.

2.    Biong menjelaskan kepuasan sebagai sebuah konsekuensi atau akibat atas pengalaman satu pihak lain untuk memenuhi norma-norma atau aturan-aturan dengan harapan-harapannya.

3.  Muhmin mendefinisikan kepuasan sebagai sebuah keadaan kasih sayang yang positif dihasilkan dari penilaian perusahaan terhadap seluruh aspek dari hubungan bekerjanya dengan perusahaan lain.

4.     Kotler mendefinisikan kepuasan sebagai perasaan senang atau kecewa seseorang yang dialami setelah membandingkan antara persepsi kinerja atau hasil suatu produk dengan harapan-harapannya.

5.  Wilkie mendefinisikan kepuasan sebagai suatu respon dari segi emosional pada tahapan pengalaman para konsumen dalam memaki produk barang atau jasa.

6.    Lovelock menjelaskan bahwa kepuasan adalah keadaan emosional, reaksi pasca pembelian mereka dapat berupa kemarahan, ketidakpuasan, kejengkelan, kegembiraan, atau kesenangan.

7.        Kepuasan pelanggan menurut Guiltinan yaitu “ A buyer’s degree of satisfaction with product is the consequence of the comparison a buyer makes between the level of benefits perceived to have been received after consuming or using a product and the level of the benefits expected prior purchased.” Artinya bahwa kepuasan pelanggan merupakan konsekuensi dari perbandingan yang dilakukan oleh pelanggan yang membandingkan antara tingkatan dari manfaat yang dirasakan terhadap manfaat yang diharapkan oleh pelanggan.

8.   Menurut Pasuraman, Zeithaml, dan Berry, kepuasan pelanggan adalah perasaan pelanggan terhadap satu jenis pelayanan yang didapatkannya.

9.  Schiffman dan Kanuk menandaskan bahwa kepuasan pelanggan merupakan perasaan seseorang terhadap kinerja dari suatu produk atau jasa yang dibandingkan dengan harapannya.



Sumber :


http://dedylondong.blogspot.com/2012/04/kepuasan-pelanggan-customer.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar