Minggu, 15 Maret 2015

Pertemuan ke-2 Pentingnya Mempelajari Manajemen Pemasaran Jasa dan Konsep Dasar Pemasaran



Hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa yang saya dapatkan pada hari selasa tanggal 17 Februari 2015 pada pukul 9.40 – 12.1, yaitu mengenai pentingnya mempelajari manajemen pemasaran jasa dan konsep dasar pemasaran.
A. Mengapa mempelajari Manajemen Pemasaran
1. Belajar bagaimana cara untuk fokus terhadap pembeli atau pelanggan.
2. Selalu komitmen dalam memperikan pelayanan kepada pelanggan.
3. Mengetahui bagaimana cara menyenangkan atau membahagiakan pembeli.
4. Mengetahui cara memahami pelanggan.
5. Memotivasi semua yang berada dalam organisasi untuk menghasilkan nilai-nilai unggul.

B. Konsep Dasar Pemasaran
1. Marketing (Pemasaran)
Marketing is a social and managerial process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating and exchanging products and value with other. Artinya,
“Pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial yang mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan membuat dan melakukan pertukaran produk dan nilai dengan yang lain.”
2. Needs (Kebutuhan)
Needs : States of felt deprivation
Kebutuhan : Keadaan merasa kekurangan. Sehingga karena merasa kurang dipenuhilah kekurangan tersebut.
3. Wants (Keinginan)
Wants : The form taken by human needs as they shaped by culture and individual personality
Keinginan : kebutuhan manusia yang terbentuk dari kebudayaan dan kepribadian seseorang
4. Product (Produk)
Anything that can be offered to a market for attention, acquisition, use, or consumption that might satisfy a want or need. It include physical objects, services, persons, places, organizations and ideas. Artinya,
“Semua hal yang bisa ditawarkan di pasar, baik dalam bentuk perhatian, yang dapat diambil, dikonsumsi, yang dapat memberi kepuasan baik keinginan maupun kebutuhan termasuk obyek fisik, jasa, orang, tempat, organisasi, dan ide.”
Produk dibagi menjadi dua :
a) Goods (Tangibels)
Berupa benda ataupun barang yang berwujud
b) Services (Intangibels)
Berupa jasa, tidak berwujud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar