Review Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa
Pendidikan tanggal 17 Maret 2015
Segmentasi dan Targeting Pasar
1. Pengertian
Segmentasi Pasar
a. Menurut
Kotler dan Armstrong dalam buku Marketing
An Introducing, segmentasi pasar yaitu membagi sebuah pasar ke dalam
kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin menghendaki bauran produk
atau pemasaran yang terpisah.
b. Menurut
Chandra dalam buku Strategi dan Program Pemasaran, segmentasi pasar dapat
diartikan sebagai proses mengelompokkan pasar keseluruhan yang heterogen
menjadi kelompok-kelompok atau segmen-segmen yang memiliki kesamaan dalam hal
kebutuhan, keinginan perilaku dan atau respok terhadap program pemasaran
spesifik.
c. Menurut
Winardi dalam buku Ilmu dan Seni Menjual, segmentasi pasar adalah pengetahuan
daar yang menyatakan bahwa setiap pasar terdiri dari segmen-segmen yang dapat
dipisahkan, yang terdiri dari pembeli dengan kebutuhan-kebutuhan yang berbeda,
gaya pembelian yang berbeda, dan reaksi yang berbeda terhadap variasi-variasi
penawaran.
d. Menurut
Mursid dalam buku Manajemen Pemasaran, segmentasi (pengelompokkan) pasar adalah
pembagian daripada pasar secara keseluruhan ke dalam kelompok-kelompok untuk
penyesuaian yang lebih tepat dan konkret dan suatu produk sesuai dengan
keinginan, kebutuhan serta karakteristik konsumen.
2. Pola
Dasar Segmentasi Pasar
3 pola daasar untuk mengelompokkan
pasar:
a. Geographic
Segmentation
Pengelompokkan didasarkan atas daerah
dimana para penjual membedakan secara teliti, kira-kira daerah mana yang bisa
memberikan keuntungan yang berbeda-beda.
b. Demographic
Segmentation
Hal ini dimaksudkan untuk membedakan
berbagai macam kelompok atas dasar keadaan suatu masyarakat yang berubah
seperti misalnya pengelompokkan dalam bidang umur, jenis kelamin, dan besarnya
jumlah keluarga, pendapatan, jabatan kepala keluarga, pendidikan, siklus
penghidupan keluarganya, pengelompokkan bidang agama, sosial dan suku.
c. Psycographic
Segmentation
Dengan hal ini kita mencoba membedakan
berbagai macam kebutuhan pembeli atau adalah timbul sebagai hasil dan kenyataan
bahwa kebutuhan pembeli lebih berbeda sepanjang life style atau personality
life daripada demographic lives.
3. Syarat-syarat
Segmentasi yang Efektif
Segmen-segmen pasar harus memiliki
ciri-ciri sebagai berikut:
a. Dapat
diukur
b. Dapat
dicapai
c. Cukup
besar
d. Dapat
dilayani
4. Prosedur
Segmentasi Pasar
Prosedur segmentasi pasar terdiri dari
tiga tahap, yaitu:
a. Tahap
survey
b. Tahap
analisis
c. Tahappembentukan
5. Penetapan
Pasar Sasaran
Evaluasi terhadap daya tarik segmen
pasar dapat dilakukan dengan menggunakan tiga factor utama. Pertama, ukuran dan
potensi pertumbuhan segmen. Kedua, karakteristik structural segmen yang terdiri
atas kompetisi, kejenuhan segmen, protektabilitas dan risiko lingkungan. Ketiga,
kesesuaian antara produk pasar.
Beberapa langkah yang harus diperhatikan
oleh perusahaan untuk memasuki pasar yaitu:
a. Menetapkan
pelengkap (atribut) yang dianggap penting dan mengidentifikasi segmen pasar
yang berbeda
b. Menentukan
luas dari segmen pasar
c. Menentukan
merek-merek yang ada di pasar
d. Mencari
peluang segmen-segmen pasar yang belum dilayani dan mencari kesukaan yang sama
atau tidak
e. Mencari
hubungan berbagai segmen pasar geographic, demographic dan psycographic.
6. Memilih
Strategi Sasaran Pemasaran
Strategi sasaran pemasaran:
a. Sumber-sumber
perusahaan
b. Kebersamaan
produk (homogeni produk)
c. Tingkat
produksi dalam daur hidup
d. Keserbasamaan
pasaran (homogenitas)
e. Siasat
pemasaran bersaing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar