Jumat, 20 Maret 2015

Pertemuan Ke-5 Segmentasi dan Targeting Pasar



Review Perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan tanggal 17 Maret 2015

Segmentasi dan Targeting Pasar
1.     Pengertian Segmentasi Pasar
a.  Menurut Kotler dan Armstrong dalam buku Marketing An Introducing, segmentasi pasar yaitu membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin menghendaki bauran produk atau pemasaran yang terpisah.
b.     Menurut Chandra dalam buku Strategi dan Program Pemasaran, segmentasi pasar dapat diartikan sebagai proses mengelompokkan pasar keseluruhan yang heterogen menjadi kelompok-kelompok atau segmen-segmen yang memiliki kesamaan dalam hal kebutuhan, keinginan perilaku dan atau respok terhadap program pemasaran spesifik.
c.  Menurut Winardi dalam buku Ilmu dan Seni Menjual, segmentasi pasar adalah pengetahuan daar yang menyatakan bahwa setiap pasar terdiri dari segmen-segmen yang dapat dipisahkan, yang terdiri dari pembeli dengan kebutuhan-kebutuhan yang berbeda, gaya pembelian yang berbeda, dan reaksi yang berbeda terhadap variasi-variasi penawaran.
d.     Menurut Mursid dalam buku Manajemen Pemasaran, segmentasi (pengelompokkan) pasar adalah pembagian daripada pasar secara keseluruhan ke dalam kelompok-kelompok untuk penyesuaian yang lebih tepat dan konkret dan suatu produk sesuai dengan keinginan, kebutuhan serta karakteristik konsumen.
2.     Pola Dasar Segmentasi Pasar
3 pola daasar untuk mengelompokkan pasar:
a.     Geographic Segmentation
Pengelompokkan didasarkan atas daerah dimana para penjual membedakan secara teliti, kira-kira daerah mana yang bisa memberikan keuntungan yang berbeda-beda.
b.     Demographic Segmentation
Hal ini dimaksudkan untuk membedakan berbagai macam kelompok atas dasar keadaan suatu masyarakat yang berubah seperti misalnya pengelompokkan dalam bidang umur, jenis kelamin, dan besarnya jumlah keluarga, pendapatan, jabatan kepala keluarga, pendidikan, siklus penghidupan keluarganya, pengelompokkan bidang agama, sosial dan suku.
c.     Psycographic Segmentation
Dengan hal ini kita mencoba membedakan berbagai macam kebutuhan pembeli atau adalah timbul sebagai hasil dan kenyataan bahwa kebutuhan pembeli lebih berbeda sepanjang life style atau personality life daripada demographic lives.
3.     Syarat-syarat Segmentasi yang Efektif
Segmen-segmen pasar harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a.     Dapat diukur
b.     Dapat dicapai
c.     Cukup besar
d.     Dapat dilayani
4.     Prosedur Segmentasi Pasar
Prosedur segmentasi pasar terdiri dari tiga tahap, yaitu:
a.     Tahap survey
b.     Tahap analisis
c.     Tahappembentukan
5.     Penetapan Pasar Sasaran
Evaluasi terhadap daya tarik segmen pasar dapat dilakukan dengan menggunakan tiga factor utama. Pertama, ukuran dan potensi pertumbuhan segmen. Kedua, karakteristik structural segmen yang terdiri atas kompetisi, kejenuhan segmen, protektabilitas dan risiko lingkungan. Ketiga, kesesuaian antara produk pasar.
Beberapa langkah yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk memasuki pasar yaitu:
a.   Menetapkan pelengkap (atribut) yang dianggap penting dan mengidentifikasi segmen pasar yang berbeda
b.     Menentukan luas dari segmen pasar
c.     Menentukan merek-merek yang ada di pasar
d.     Mencari peluang segmen-segmen pasar yang belum dilayani dan mencari kesukaan yang sama atau tidak
e. Mencari hubungan berbagai segmen pasar geographic, demographic dan psycographic.
6.     Memilih Strategi Sasaran Pemasaran
Strategi sasaran pemasaran:
a.     Sumber-sumber perusahaan
b.     Kebersamaan produk (homogeni produk)
c.     Tingkat produksi dalam daur hidup
d.     Keserbasamaan pasaran (homogenitas)
e.     Siasat pemasaran bersaing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar