Senin, 25 Mei 2015

Analisis Hasil Outing Class

Analisis hasil outing class Manajemen Pemasaran Jasa di Ayam Kremes Kraton cabang Utan Kayu, Selasa, 5 Mei 2015.



1. Dari Segi Merek Dagang

Menurut Kotler, Merek adalah sebuah nama, istilah, tanda, simbol atau rancangan atau bahkan kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk menyebutkan barang-barang atau jasa dari seseorang atau sekelompok penjual agar terbedakan dari para pesaingnya. 

Pemberian merek “Ayam Kremes Kraton” dengan logo ayam berdasi dengan motif batik. Menurut saya merek dan logo telah menggambarkan bahwa rumah makan ini menyediakan menu utama ayam kremes, juga merupakan rumah makan yang berasal dari daerah Jawa dan mencerminkan ciri khas Indonesia dengan dasi bermotif batiknya. Warna kuning sebagai warna yang identik dengan rumah makan ini akan membuat pelanggan selalu ingat apabila melihat logo berwarna kuning dengan gambar ayam berdasi batik bahwa itu adalah Ayam Kremes Kraton. Pemberian merek serta logo akan membedakan rumah makan Ayam Kremes Kraton dengan para pesaing-pesaingnya, juga akan memudahkan para konsumen untuk mencari dan membelinya lagi.


2. Dari Segi Bauran Pemasaran

a. Product

Produk adalah kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasaran. Produk terdiri dari kualitas produk, jenis dan desain kemasan, keunggulan, formulasi rasa dan ukuran. Dilihat dari produk yang ditawarkan di rumah makan Ayam Kremes Kraton yaitu menu paket ayam kremes sesuai dengan brandnya. Kremes merupakan produk andalan dan unggulan di rumah makan ini. Selain kremesnya, rumah makan ini juga memiliki kelebihan dengan menyediakan empat macam sambal disetiap mejanya. Sambal itu terdiri dari sambal terasi, sambal penyet, sambal ijo dan sambal bawang. Selain kremes dan sambalnya, di rumah makan ini juga mulai memberikan inovasi pada produknya yaitu dengan menjadikan ayamnya lebih lunak.

Menurut saya, dengan ayam yang lunak, kremes yang renyah serta sambal yang sedap menjadi kualitas yang baik pada produk yang ditawarkan di Ayam Kremes Kraton, sehingga pengunjung akan ketagihan untuk mencicipinya lagi. Varians sambal yang menjadi salah satu kelebihan di rumah makan ini ternyata juga bisa menjadi kelemahan yaitu dengan adanya 4 varians sambal akan membuat pengeluaran di rumah makan ini semakin banyak, apalagi jika setiap pengunjung mencicipi seluruh varians sambal yang disediakan.

Produk yang ditawarkan tidak hanya paket ayam, ada pula paket ikan dan bebek yang tentu saja tetap dengan kremesnya. Ini juga menjadi kelebihan rumah makan Ayam Kremes Kraton, karena tidak hanya menyediakan menu ayam tetapi juga menu lainnya., sehingga konsumen tidak bosan karena dapat mencicipi beberapa variasi menu lainnya. Untuk kemasan, apabila konsumen makan di tempat/di outlet akan disajikan menggunakan piring melamin, sedangkan yang dibaw apulang/delivery akan disajikan dalam tempat makan plastik yang ada tutupnya, agar mudah dibawa kemana-mana dan makanan tak takut tumpah. Hal ini juga menjadi kelebihan dari rumah makan Ayam Kremes Kraton, karena umunya rumah makan tidak memberikan kemasan khusus untuk pesanan take away, biasanya hanya berupa kardus atau sterofoam.


b. Price

Harga merupakan sejumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memeroleh produk. Harga yang ditawarkan di Ayam Kremes Kraton sangat terjangkau. Berkisar Rp. 18.000 sampai Rp. 29.000 konsumen bisa mendapatkan paket makanan yang tersedia di Ayam Kremes Kraton. Hal ini sesuai dengan target pasar yang dituju, yaitu kalangan mahasiswa dan pekerja kantor disekitar cabang. Sehingga Ayam Kremes Kraton menjadi salah satu tempat favorit bagi mereka.


c. Place

Tempat merupakan hasil kebijakan tentang distribusi dan tingkatan pelayanan terhadap konsumen yang meliputi jaringan distribusi, area lokasi, transportasi, inventaris dan ketersediaan produk yang mudah dijangkau oleh konsumen.

Lokasi Ayam Kremes Kraton tempat kami melakukan outing class yaitu berada di daerah Utan Kayu, Jakarta Timur. Pemilihan lokasi disini menurut saya sangat tepat, karena lokasi ini cukup strategis. Berada di pinggir jalan raya yang banyak dilalui orang serta banyak kendaraan umum yang melewati lokasi tersebut (sehingga mudah dijangkau). Namun untuk ruangan tempat makan terbilang kurang luas, dan area parkirpun kurang luas sehingga agak sulit apabila banyak konsumen yang datang dengan membawa kendaraan pribadi. Tetapi, apabila melihat target pasar yang dituju yaitu mahasiswa dan pekerja kantor yang berada disekitar cabang, maka dengan kurang luasnya area parkir tidak menjadi suatu masalah, karena pelanggan dapat berjalan kaki menuju Ayam Kremes Kraton.

Ayam Kremes Kraton memiliki beberapa cabang lain yang berada dikawasan-kawasan strategis, seperti di Boulevard Gading dan Tebet. Sehingga memudahkan konsumen yang ingin menikmati menu-menu yang tersedia di Ayam Kremes Kraton. AKK juga membuka layanan delivery yang menjadi kelebihan dalam rumah makan ini, hal ini juga menjadi peluang untuk menghasilkan lebih banyak produk yang terjual dan memudahkan dan memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin menikmati ayam kremes kraton tapi tidak ada waktu untuk datang ke outlet ayam kremes kraton.


d. Promotion

Promosi merupakan hasil kebijakan umum untuk mengkomunikasikan produk dengan konsumen yang meliputi promosi penjualan, iklan, keunggulan penjualan dan lain sebagainya.

Ayam Kremes Kraton tidak melakukan promosi khusus seperti iklan, penyebaran brosur, dan sebagainya. Promosi yang dilakukan yaitu dari mulut ke mulut, ketika ada salah satu konsumen datang dan menikmati menu di ayam kremes kraton lalu memberi respon positif, kemudia dia bercerita dan merekomendasikan kepada rekan-rekannya untuk makan di ayam kremes kraton. Namun ada kekurangan dari sistem promosi dari mulut ke mulut, apabila ada konsumen yang meras tidak puas dengan segala pelayanan yang diberikan, kemudia ia akan memberikan respon serta testimony buruk ke orang lain akan merugikan pihak ayam kremes kraton sendiri. Tetapi, selama ini rumah makan Ayam Kremes Kraton tak pernah sepi pengunjung, karena rasanya yang enak, harganya yang pas serta pelayanan yang diberikan cukup memuaskan.

Menurut saya, dijaman yang semakin canggih ini promosi yang bisa dilakukan oleh Ayam Kremes Kraton tidak hanya promosi dari mulut ke mulut. Mungkin saat ini sudah banyak yang mengetahui Ayam Kremes Kraton, tetapi di daerah-daerah yang belum  terdapat cabang Ayam Kremes Kraton belum tentu mengetahuinya. Jadi apabila dilakukan promosi seperti iklan di media sosial, penyebaran brosur akan memperluas jaringan yang otomatis akan menambah jumalh konsumen.


e. People

Merupakan sumber daya manusia yang mewakili bisnis. People terdiri dari pemilik, karyawan, manajer, dan lain-lain. Sumber daya manusia yang ada di rumah makan Ayam Kremes Kraton mayoritas merupakan orang-orang dari daerah jawa. Karena pemiliknya sendiri merupakan orang keturunan kraton Solo. Sang pemiliki rumah makan sudah berpengalaman dalam bidang bisnis kuliner, karena sebelum terbentuk Ayam Kremes Kraton, pemiliki sudah mempunyai sebuah rumah makan yang menunya merupakan makanan khas solo seperti gudeg, ayam kalasan, dan sebagainya.

Untuk manajer di Ayam Kremes Kraton yang merupakan lulusan D3 Akuntansi, merupakan sumber daya manusia yang juga berasal dari jawa, yang pada awalnya bekerja dibagian kasir. Namun karena kemampuan dan ilmu yang dimiliki, ia menjadi seorang manajer yang mengelola 5 cabang Ayam Kremes Kraton. Menurut saya, dengan kualifikasi pendidikan yang diemban oleh sang manajer tidak cocok untuk menjadi seorang manajer. Namun, selama ini hasil kerjanya sangat memuaskan dan telah menciptakan peningkatan-peningkatan di Ayam Kremes Kraton.

Untuk karyawan di Ayam Kremes Kraton, juga merupakan orang-orang yang berasal dari daerah jawa dan kebanyakan lulusan SMP. Hal ini dilakukan karena mereka mau digaji tidak terlalu tinggi. Hal ini bisa menjadi kelebihan dan kekurangan untuk Ayam Kremes Kraton. Kelebihannya, seperti yang telah disampaikan yaitu mengambil karyawan dari kampung karena mau digaji tidak terlalu tinggi. Sehingga mengurangi biaya operasional gaji pegawai. Kekurangannya yaitu, untuk para lulusan SMP belum terlalu memiliki keahlian dibidang service dan jasa, sehingga bisa saja akan memberikan pelayanan yang kurang memuaskan untuk pelanggan. Oleh karena itu, pihak Ayam Kremes Kraton harus memberikan pelatihan/pendidikan kepada para karyawan terkait dengan pelayanan atau jasa yang akan dilakukannya.


f. Process

Proses merupakan gabungan semua aktivitas yang terdiri dari proseddur, jadwal pekerjaan, mekanisme, aktivitas dan hal-hal rutin dimana jasa dihasilkan dan disampaikan kepada konsumen. Proses yang terdapat di rumah makan Ayam Kremes Kraton yaitu untuk mekanisme oengolahan produk, semua produk diolah disatu dapur utama dan diawasi oleh pemilik, dan kemudian didistribusikan ke setiap cabangnya. Awalnya semua produk hanya diungkep, dan akan digoreng di outlet ketika ada pesanan. Menurut saya hal ini baik karena akan menciptakan makanan yang fresh ketika disajikan kepada konsumen. Hal ini juga dilakukan agar menjaga kualitas rasa masakan agar sama disetiap cabangnya. 

Untuk proses pemesanan, saat ini sudah menerapkan sistem seperti restoran-restoran cepat saji seperti kfc, mcd, dan sebagainya. Hal ini menjadi suatu kemudahan bagi pihak rumah makan, karena membuat karyawan lebih ringan dalam bekerja, tidak perlu datang ke meja pengunjung untuk menanyakan menu apa yang dipesan. Hal ini dapat membuat karyawan menjadi lebih fokus dan cepat dalam menyajikan makanan untuk pengunjung.


g. Costumer Service (Layanan Konsumen)

Merupakan aktivitas memberikan kegunaan waktu dan tempat termasuk pelayanan pra-transaksi, saat transaksi dan pasca transaksi. Layanan konsumen yang diberikan oleh Ayam Kremes Kraton ialah konsumen memesan makanan terlebih dahulu kemudian membayarnya dikasir. Lalu pengunjung langsung bisa mengambil pesanannya digerobak (istilah di Ayam Kremes Kraton), namun apabila belum tersedia menu yang dipesan konsumen, maka akan diantar oleh karyawan ke meja konsumen.

Setelah konsumen selesai makan dan meninggalkan tempat, piring yang ada di meja segera diangkat oleh OB, mejapun dibersihkan sehingga konsumen berikutnya dapat menikmati tempat yang bersih dn nyaman. Piring yang sudah diangkat segera dicucui oleh bagian pencuci piring. Seluruh karyawan yang ada di Ayam Kremes Kraton sudah memiliki bagian tugasnya masing-masing. Sehingga membuat karyawan lebih fokus dan cepat dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar